June 18, 2021

Kelana Kota

Berita, Tipstrik, Info seputar kota

7 Kuliner Khas Bandung yang Legendaris dan Populer

3 min read

Liburan ke Bandung tak lengkap rasanya jika kamu belum icip-icip kuliner khas Bandung yang ikonik dan murah meriah. Sama seperti daerah lain yang punya kuliner khas, Bandung pun punya banyak pilihan kuliner yang siap memanjakan lidah kamu.

 

Bandung memang kerap dijadikan pilihan tempat liburan yang seru karena ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kulinernya pun tak ketinggalan. Selain itu ada banyak pilihan transportasi umum yang bisa digunakan untuk mengunjungi kota ini. Naik travel misalnya.

 

Jika kamu sudah fix ingin liburan ke Bandung, jangan sampai kelewatan kesempatan mencicipi kuliner khas Bandung berikut ini ya!

 

  1. Toko Roti Sidodadi

Meski dari luar toko roti ini terlihat sangat sederhana, namun soal rasa tak perlu diragukan lagi. Toko roti legendaris di Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1954 dan menjual roti-roti klasik dengan rasa otentik yang harganya sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp4.000-an untuk satu bungkus roti satuannya.

 

Di toko roti ini kamu bisa menemukan berbagai varian roti yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Mulai dari roti satuan aneka rasa, roti frans polos dan variasi, ombekuk, bolu cake, tawar gandum, marmer cake dan roti gambang yang biasanya tersedia di hari tertentu.

 

  1. Ronde Alkateri

Jika kamu suka wisata kuliner di malam hari, jangan lupa mampir ke kedai ronde Alkateri yang berada tak jauh dari alun-alun Kota Bandung ya!

 

Hangatkan badanmu dengan secangkir wedang ronde yang cita rasanya tak berubah sejak didirikan pada tahun 1984 lalu. Disini Anda bisa memilih apakah ingin menu ronde kuah gula merah atau gula putih. Namun keduanya sama-sama enak kok!

 

Oh ya, kedai ronde legendaris di Bandung ini buka mulai pukul 17.00 WIB ya! Kedai ronde ini juga punya cabang di Jalan Cibadak yang buka dari pukul 18.00 WIB.

 

  1. Kupat Tahu Gempol

Satu lagi menu kuliner khas Bandung yang legendaris dan sayang untuk dilewatkan. Kupat tahu Gempol yang sudah berdiri dari tahun 1965 ini memiliki bumbu kacang yang begitu kental, tahu spesial dari sentra tahu Cibuntu dan tak lupa kerupuk merah legendaris sebagai pelengkap seporsi kupat tahu ini.

 

  1. Batagor Haji Yunus

Siapa yang tak kenal dengan batagor? Makanan khas dari Bandung yang terdiri dari isian bakso dan tahu goreng ini sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Bandung. Mulai dari penjual dengan gerobak hingga menu makanan di restoran dan kafe ternama.

 

Namun jika kamu ingin merasakan citarasa batagor klasik yang bisa bikin nagih, coba saja cicipi batagor Haji Yunus yang sudah kurang lebih 45 tahun menjual menu yang satu ini. Batagor disini menawarkan pilihan rasa pedas yang akan memanjakan lidahmu.

 

Di sini kamu bisa memilih apakah ingin mencicipi batagor kering dengan siraman kuah kacang atau batagor kuah yang disiram dengan kuah kaldu ayam yang begitu gurih. Pesan kedua jenis batagor ini juga boleh kok!

 

  1. Seafood Kiloan Bang Bopak

Bagi kamu yang suka menu seafood, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi seafood kiloan Bang Bopak yang terkenal di Bandung ini ya! Tempat makan seafood yang buka mulai pukul 18.00 WIB ini menawarkan menu seafood dengan porsi melimpah namun harganya masih terjangkau.

 

Tempat makan seafood yang satu ini termasuk dalam jajaran kuliner malam populer di Bandung. Yang menariknya, tempat makan seafood ini memiliki banyak cabang, jadi bisa kamu pilih mana yang paling dekat dengan hotel tempat menginap.

 

Seafood kiloan Bang Bopak bisa kamu temukan di Jalan Katamso, Jalan Pahlawan, Mekarwangi, Jatinangor dan juga Cimahi.

  1. Schaschlik di Tizi Restaurant

Ingin mencicipi menu schaschlik di Bandung? Bisa! Kamu dapat mampir ke Tizi Restaurant yang sudah buka sejak tahun 1947 ini. Menu andalannya adalah schaschlik yang berupa daging empuk yang disusun seperti sate dan disiram kuah yang super enak.

 

Menu lain yang bisa kamu cicipi di restoran ini juga ada banyak, seperti steak burger, fish tarragon dan berbagai kue klasik jaman dulu yang rasanya tetap otentik. Contohnya saja Kässerol, Käseschnitten dan masih banyak lainnya.

 

  1. Sate DJ

Jika satu pada umumnya disajikan dengan bumbu kecap atau kacang, tidak dengan sate DJ yang dijual polos tanpa bumbu. Saat dibakar, daging diberi bumbu cabai dan biasanya disajikan dengan acar dan bawang goreng. Terkesan sederhana tapi rasa sate yang berada di Jalan Jenderal Sudirman jangan ditanya!

 

Mana nih kuliner khas Bandung yang paling menarik perhatian kamu? Segera pesan tiket travel ke Bandung di Traveloka agar rencana liburan kamu terlaksana. Kamu bisa pesan tiket Daytrans di Traveloka maupun operator lainnya yang menjadi favorit kamu dengan mudah!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.