BEGINI CARANYA AGAR RUMAH CEPAT LAKU TERJUAL

Bukan tanpa alasan seseorang memutuskan untuk menjual rumah miliknya. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa rumah adalah aset yang sangat berharga. Rumah mempunyai nilai yang tinggi dan tidak mudah untuk diperjual belikan.

Oleh sebab itu, perkara menjual rumah bukanlah hal yang mudah. Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk dapat menjual sebuah rumah. Jika hari ini Anda ingin menjual rumah, Anda tidak bisa berharap jika rumah tersebut bisa laku keesokan harinya.

Agar rumah yang Anda jual cepat laku, Anda bisa mengikut beberapa strategi dan cara jitu berikut ini yang telah dikutip dari beberapa sumber.

1.    Lakukan renovasi rumah terlebih dahulu

Agar rumah Anda cepat laku terjual, Anda sebaiknya melakukan renovasi di beberapa bagian utama rumah yang akan dijual. Kondisi rumah seperti tembok berlumut, lantai tidak terawat, dan atap bocor bisa membuat harga jual rumah Anda menjadi turun.

Anda pasti tidak mau rumah yang akan dijual dibanderol dengan harga yang tidak wajar karena alasan-alasan tersebut. Oleh sebab itu, penting tentunya untuk melakukan renovasi di beberapa bagian yang dianggap rusak sebelum menawarkan rumah Anda ke calon pembeli.

Dengan mengeluarkan sedikit biaya untuk renovasi bukanlah masalah yang besar jika nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dari penjualan rumah tersebut. Kondisi rumah yang baik dan terawat pasti membuat calon pembeli menjadi tergiur untuk membeli. Tidak heran jika rumah yang Anda tawarkan akan cepat laku terjual.

2.    Mengecek harga rumah di lingkungan sekitar

Sebelum menawarkan rumah ke calon pembeli, Anda harus sudah menentukan harga jual dari rumah tersebut. Untuk menentukan harga jual rumah, Anda harus memeriksa harga tanah dan bangunan di sekitar rumah Anda. Dengan informasi yang Anda ketahui tentang harga tanah di sekitar, Anda bisa mematok harga yang wajar saat menawarkan ke calon pembeli.

Anda bisa mencari informasi terkait harga tanah dengan memanfaatkan situs pencarian properti di Indonesia, terkhususnya wilayah Anda. Setelah itu, Anda harus menghitung perkiraan luas bangunan rumah agar Anda dapat menentukan harga tanah dan bangunan tersebut. Hasil dari penjumlahan harga tanah dan bangunan nantinya akan menjadi harga akhir dari rumah Anda.

Selain itu, Anda harus memeriksa Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di kawasan sekitar rumah Anda. NJOP ada di dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diterima setiap tahunnya. Di sana tertera informasi mengenai NJOP baik tanah maupun bangunan di atasnya.

Pada umumnya, rumah dijual dengan harga dua sampai tiga kali lipat di atas Nilai Jual Objek Pajak. Beda cerita jika lokasi rumah yang akan Anda jual berada di lokasi strategis atau pusat kota, harganya bisa berkali lipat dari NJOP.

3.    Memanfaatkan situs jual beli

Saat Anda sudah melakukan renovasi rumah dan menentukan patokan harga jual, Anda bisa langsung memasang iklan. Foto bagian-bagian rumah yang sekiranya menarik minat calon pembeli. Usahakan tampilan foto menampilkan sisi representatif dari isi rumah.

Setelah itu, Anda dapat merancang iklan yang menarik. Cantumkan informasi yang dianggap penting seperti lokasi dan kelebihan-kelebihan lain. Anda tidak perlu mencantumkan alasan rumah dijual karena nantinya akan berpengaruh terhadap minat calon pembeli.

Informasikan juga di iklan Anda mengenai harga jual dan batasan harga nego. Buat kata kunci iklan yang mudah misalnya jual rumah 50 juta Cimahi  agar memudahkan calon pembeli menyortir rumah.

Setelah itu, Anda bisa memposting iklan tersebut di situs jual beli properti. Anda juga dapat memanfaatkan fitur advertise agar iklan yang Anda pasang muncul di halaman pertama.

Anda harus konsisten untuk memasang iklan agar Anda tahu mengenai reaksi dan antusiasme calon pembeli. Anda juga harus meluangkan waktu untuk calon pembeli yang ingin bertanya tetang rumah Anda maupun yang melakukan survei rumah secara langsung.

4.    Memasang iklan di media sosial

Selain memanfaatkan situs jual beli, Anda juga dapat memanfaatkan kepopuleran media sosial. Anda bisa memasang iklan di media sosial seperti Facebook maupun Instagram. Namun diantara media sosial yang sedang booming saat ini, Instagram terbilang paling efektif untuk memasang iklan penjualan rumah.

Unggah foto-foto rumah yang ingin Anda jual beserta informasi yang lengkap. Untuk bisa melakukan itu semua, Anda harus merubah akun anda ke profil bisnis. Dengan begitu, Anda sudah tidak bisa mengaktifkan mode private pada akun Instagram Anda. Semua orang akan dengan mudah melihat akun Anda tanpa perlu melakukan permintaan.

Selain lewat foto, Anda juga bisa membuat video yang menampilkan rumah Anda. Anda bisa mengunggah video tersebut ke media Youtube. Dengan begitu, semakin banyak orang yang tahu bahwa rumah Anda sedang ditawarkan untuk dijual.

5.    Memanfaatkan agen properti untuk membantu menjualkan rumah

Memanfaatkan jasa agen properti bisa juga dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk menjual rumah agar cepat laku terjual. Cara ini biasanya dipilih bagi penjual yang tidak mempunyai waktu yang longgar untuk merespon calon pembeli baik sekedar menjawab pertanyaan maupun menemani saat calon pembeli melakukan survei.

Pastikan Anda menggunakan jasa agen properti yang mempunyai riwayat baik. Anda bisa mencari informasi terkait agen properti di internet. Setelah rumah Anda laku terjual, Anda bisa langsung membayarkan komisi kepada agen properti. Besaran komisi yang diterima oleh agen biasanya 2,5 % dari total harga jual rumah. Namun, Anda juga bisa bernegosiasi dengan agen untuk menentukan besaran komisi.