Kandung dan Manfaat Paprika: Buah Asal Amerika, Khasiat Tak Terduga

Masih ada yang bingung enggak, paprika itu termasuk buah atau sayuran? Iya benar, paprika adalah buah yang masih satu keluarga dengan terong-terongan. Ciri khas buah ini adalah berwarna hijau, kuning, merah terang.

 

Variasi warna tersebut ternyata bukan karena jenisnya yang berbeda tetapi disebabkan oleh tingkat kematangannya. Parika yang belum matang biasanya berwarna hijau, memiliki cita rasa getir dan sedikit pahit.

 

Sedangkan, paprika kuning berada pada tingkat kematangan sedang, memiliki cita rasa sedikit manis dan punya kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan paprika hijau. Apabila sudah matang sempurna, akan berubah menjadi paprika merah dan terbanyak kandungan vitaminnya.

 

Selain itu, ada juga fakta seputar paprika yang sayang untuk kamu lewatkan, seperti:

  • Paprika merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
  • Selain digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, paprika sering dijadikan bahan alami pewarna dan kosmetik.
  • Paprika adalah buah yang banyak mengandung vitamin C.

Kandungan Gizi Paprika

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, paprika hijau, kuning, dan merah memiliki kadar nutrisi yang berbeda-beda. Paprika merah adalah yang paling tinggi kandungan nutrisinya.

Contohnya, saat kamu konsumsi 100 gram (g) paprika merah mentah maka akan memperoleh nutrisi sebanyak:

  • Kalori: 282 kilokalori (kkal)
  • Total lemak: 13 gram (g)
  • Lemak jenuh: 2,1 g
  • Total lemak: 9,7 g
  • Total karbohidrat:54 g
  • Serat makanan: 35 g
  • Gula: 10 g
  • Protein: 14 g
  • Natrium: 68 miligram (mg)
  • Kalium: 2.280 mg
  • Vitamin A: 985% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 1% AKG
  • Kalsium: 22% AKG
  • Besi: 117% AKG
  • Vitamin B6: 104% AKG

Manfaat Paprika

Setelah menilik ada banyak sekali kandungan vitamin dan mineral pada paprika. Tidak heran buah ini banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut daftar lengkapnya:

  1. Mencegah Penuaan Dini

Paprika mampu menghalau gejala penuaan dini berkat kandungan vitamin, zat  besi, dan beta-karoten tinggi.

Zat-zat tersebut dapat mencegah munculnya bintik-bintik, memperbaiki warna kulit dengan mengontrol produksi melanin si tersangka utama penyebab kulit terlihat lebih gelap. Vitamin A yang dihasilkan oleh parika juga dapat melawan keriput.

 

  1. Rahasia Alami Kulit Bercahaya

Tidak hanya mencegah penuaan, rupanya paprika dapat membuat kulit kamu terlihat lebih cerah bercahaya. Gunakan masker paprika dan madu selama 20 menit secara rutin untuk menyamarkan noda, mengurangi garis-garis halus, mengangkat komedo sehingga kulit kamu terasa lebih lembut.

Sebelum menggunakan masker paprika ada baiknya kamu melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi yang timbul.

 

  1. Solusi untuk Rambut Rontok

Kamu tidak akan sangka ternyata buah segar ini selain rasanya enak juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Zat besi yang terkandung dalam paprika bermanfaat untuk memfasilitasi transfer oksigen ke folikel rambut.

Oksigen dapat meningkatkan sirkulasi ke kepala, sehingga merangsang pertumbuhan dan menutrisi rambut agar lebih kuat.

 

  1. Menjaga Warna Rambut

Paprika selain dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai campuran henna atau cat  pewarna rambut merah. Fungsinya membantu produksi melanin atau pigmen yang memberi warna pada rambut.

Namun, kamu perlu berhati-hati sebab paprika bagi beberapa orang berpotensi menyebabkan reaksi alergi. Kamu bisa melakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan paprika pada bagian pergelangan tangan.

Tunggu beberapa saat, jika tidak ada tanda-tanda alergi, maka kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulit kepala.

 

  1. Memberikan Energi Tambahan

Jika kamu merasa lesu, mudah lelah dan kurang bersemangat cobalah makan paprika. Vitamin yang terkandung dalam paprika mampu menghasilkan energi dengan cara menyediakan glukosa sekaligus memproduksi neurotransmitter, dan hemoglobin. Paprika juga menstimulasi tubuh untuk membawa oksigen dan protein ke seluruh tubuh.

 

Cara Konsumsi Paprika

Menurut pakar kesehatan konsumsi paprika merah mentah adalah cara paling efektif untuk mendapatkan nutrisi yang utuh.

Tapi, jika kamu tidak suka rasa mentah bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti direbus, ditumis, dan dipanggang. Paprika juga cocok dikombinasikan dengan bahan makanan lain seperti daging atau sebagai topping pizza.

 

Sangat disarankan untuk tidak memasak paprika dalam waktu lama karena dapat mengurangi nilai gizi yang terkandung. Buah ini juga aman untuk dikonsumsi setiap hari selama tidak berlebihan.

 

Paprika punya banyak segudang manfaat untuk tubuh. Meskipun begitu konsumsi buah dan  sayuran lainnya juga diperlukan. Jika kamu sedang dalam program diet tetap seimbangkan asupan makan harian agar tubuh tetap bugar dan sehat.

 

Belanja sayuran enggak perlu ribet, sekarang tinggal klik TaniHub. Pesanan pun bisa langsung diantar ke rumah!

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

 

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.