Tips Jaga Kesehatan Anak Balita Usia 1-2 Tahun

Anda yang memiliki bayi usia 1 sampai 2 tahun maka wajib menjaga kesehatan anak  dengan melakukan banyak hal. Karena seperti diketahui usia 1 sampai 2 tahun merupakan masa keemasan anak. Alasannya karena itu merupakan momen 1000 hari kehidupan pertama anak dan di usia ini sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak di kemudian hari terutama pada asupan nutrisi anak.

 

Bahkan pola asuh orang tua bisa mempengaruhi kondisi anak di usia ini. Tentu saja orang tua tidak hanya harus menjaga anak selama 24 jam, tapi membantu menerapkan gaya hidup yang sehat sejak dini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulai dari meningkatkan asupan nutrisi hingga kegiatan fisik dan juga pola asuh. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

 

  • Berikan ASI Eksklusif

Sebagai orang tua atau khususnya ibu maka wajib memberikan ASI eksklusif di usia 1 sampai 2 tahun. Memberikan ASI bukan hanya mencukupi nutrisi anak di usia dini tapi juga membantu mempererat ikatan antara ibu dan anak.

 

Apalagi perlu diketahui bahwa ASI adalah nutrisi paling alami yang bisa diberikan dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh anak. ASI disebut mengandung antibodi yang bisa menjaga imun tubuh anak untuk melawan virus dan bakteri. Karena juga sangat penting untuk membentuk kekebalan tubuh anak di usia perkembangannya.

 

  • Memberikan Imunisasi

Selain memberikan ASI eksklusif Anda juga wajib melakukan imunisasi untuk anak. Imunisasi merupakan kegiatan memberikan vaksin ke dalam tubuh anak agar bisa kebal terhadap penyakit. Usia 1 sampai 2 tahun anak wajib melakukan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR, tifoid, hepatitis A, influenza varicella hingga pneumococcus.

 

Tidak hanya dengan memberikan imunisasi tapi orang tua juga wajib memberikan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun pastikan sudah konsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu terkait imunisasi dan vitamin yang tepat untuk anak.

 

  • Memberikan Makanan Sehat

Mengajarkan anak untuk punya pola hidup yang sehat salah satunya adalah dengan memberikan makanan sehat dan menjaga asupan makanannya. Di usia 1 sampai 2 tahun sebenarnya anak sudah bisa makan makanan yang masih lunak dan bisa ikut konsumsi makanan keluarga.

 

Namun ibu harus selektif dalam memilih produk makanan dan jangan perkenalkan anak di usia tersebut dengan makanan cepat saji terlalu sering. Lebih baik perkenalkan anak pada makanan yang punya kandungan sayur dan buah-buahan cukup banyak atau bila perlu perkenalkan produk gandum. Hindari berbagai makanan yang punya kandungan gula tinggi dan juga lemak jenuh terlalu banyak.

 

  • Perhatikan Waktu Tidur

Waktu tidur anak juga sangat perlu untuk diperhatikan. Untuk usia 1 sampai 2 tahun anak perlu tidur yang cukup agar bisa meningkatkan imun tubuhnya dan mendukung tumbuh kembang anak terutama pada tingkat kognitif.

 

Anak usia 1 sampai 2 tahun perlu waktu tidur sebanyak 12 sampai 14 jam per hari dan ini sudah termasuk jumlah jam tidur siang. Untuk waktu tidur siang paling banyak 1 sampai 3 jam saja per hari. Jika kualitas tidur bisa baik maka tumbuh kembang anak juga lebih optimal.

 

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh anak di usia 1 sampai 2 tahun. Untuk anda yang membutuhkan produk vitamin ataupun obat-obatan untuk anak maka wajib membelinya pada apotek online Toko SehatQ. Apotek ini menjual produk-produk terbaik yang sudah memiliki izin edar dan juga punya kualitas yang bagus untuk dikonsumsi anak, pastinya terdapat juga berbagai produk obat-obatan untuk orang dewasa di toko obat online ini.